SURAT LAMARAN KERJA

  

          Siapapun yang akan memasuki dunia kerja pada suatu perusahaan atau organisasi harus membuat surat lamaran kerja terlebih dahulu. Surat lamaran kerja merupakan gerbang pertama yang harus dilalui oleh seorang ketika memasuki dunia kerja. Daya tarik diawali dari bentuk dan cara surat lamaran kerja, isi surat lamaran kerja, serta penulisan resume yang dibuat. Surat lamaran kerja pada dasarnya bukanlah surat yang berdiri sendiri, melainkan dilengkapi sejumlah lampiran seperti :

1.      Kartu tanda penduduk
2.      Daftar riwayat hidup
3.      Surat keterangan catatan kepolisian
4.      Surat keterangan kesehatan
5.      Kartu kuning dari dinas tenaga kerja
6.      Pas foto tertentu
7.      Lampiran (Ijasah, Sertifikat, Referensi)


A.    Contoh surat lamaran kerja

Hal      : Lamaran Kerja                                                                                              22 Juli 2015
Kepada Yth
PIMPINAN PARAMITRA FINANCE
Jl. Parangtritis km 10 no. 121 Yogyakarta

Dengan hormat,
Menunjuk iklan bapak pada harian kedaulatan rakyat tanggal 20 juli 2015, saya mengajukan lamaran kerja untuk jabatan sekretaris yang dimaksud dalam iklan tersebut.
Usia saya 20 tahun, lulusan SMK N 1 program studi sekretaris. Saya telah memiliki SIM C, dan saat ini sedang mengikuti kursus bahasa inggris. Selama ini saya belum bekerjam tetapi berkat mengikuti paktik kerja diperusahaan dan mengikuti pelatihan teratur sleama pendidikan, saya yakin akan dapat melaksanakan tugas sesuai harapan bapak.
Sebagai pelengkap lamaran, bersama ini saya lampirkan :
a.       Fotokopi ijasah
b.      Fotokopi sertifikat kompetensi
c.       Sertifikat kursus computer
d.      Daftar riwayat hidup
e.       Pas foto dua lembar

Selanjutnya saya sangat beharap adanya jawaban dari bapak.
Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya,


Annisa