Proposal Kewirausahaan

Untuk Postingan kali Ini Saya Akan Memberikan Sebuah Contoh Proposal Prakarya dan Kewirausahaan Tentang Kerajinan Rajutan Terutama Yang Bab I yaitu tentang "Latar Belakang Dan Visi Usaha"

BAB I
LATAR BELAKANG USAHA DAN VISI USAHA
A.    Sejarah Berdirinya

Perkembangan zaman  membuat ide-ide  kreatif  berkembang di tengah-tengah masyarakat, ide kreatif ini bermunculan dengan berbagai hasil karya, seperti berbagai macam  motif salah satu dalam kerajinan tangan contohnya adalah rajutan. Rajutan ini memiliki berbagai macam bentuk dan motif. Merajut dapat dilakukan dengan tangan atau mesin. Ada berbagai jenis gaya dan teknik merajut. Teknik dasar dalam merajut adalah tusuk atas dan tusuk bawah. Tusuk atas adalah mengait benang dari arah depan, sementara tusuk bawah adalah mengait benang dari arah belakang. Hasil rajutan memiliki pola seperti huruf v yang bersambungan.
Usaha “G-NIT COLLECTION” memiliki berbagai macam bentuk, seperti bros, bando, tempat HP, tempat pensil, tempat aksesoris, tempat botol, dompet dan tas. Dalam usaha “G-NIT COLLECTION” memfokuskan hasil rajutan berbentuk tas. Kenapa, karena tingkat kesulitannya rendah dan lebih mudah dikombinasi dengan motif-motif yang akan “G-NIT COLLECTION” buat.
Kalau dilihat kondisi pasar saat ini, tas rajutan jarang kita temui maka dari itu timbul ide kreatif “G-NIT COLLECTION” untuk merancang tas rajutan dengan berbagai model dan motif. Dengan demikian, tas rajut buatan “G-NIT COLLECTION” akan laku dipasaran.
Selanjutnya, dalam usaha “G-NIT COLLECTION” telah mempersiapkan hal-hal yang diperlukan demi kelancaran dan kesuksesan. Hal yang diperlukan yaitu alat dan bahan utama, serta tenaga kerja untuk mempercepat proses pembuatan tas rajutan ini. tidak sampai disitu saja, usaha “G-NIT COLLECTION” memelurkan koordinasi terhadap langkah kerja. Dengan adanya koordinasi yang baik tentu akan menghasilkan karya yang bagus.
B.     Konsep usaha
a.       Konsep usaha adalah komersil
Konsep usaha  “G-NIT COLLECTION” adalah usaha  komersil, karena untuk mencari keuntungan. Keuntungan yang diperoleh dipergunakan untuk  menambah modal usaha dan profit yang besar dapat digunakan untuk mengembangkan usaha agar lebih besar.
b.      Konsep manajemen dengan sistem kekeluargaan.
            artinya penerapan system kekeluargaan yang didasarkan pada rasa saling memiliki dari setiap pegawainya, system ini dipilih untuk menciptakan suasana nyaman antar pegawai.
Alasan lainya pemilihan system kekeluargaan ini, karena jika ada permasalahan dalam usaha dapat diselesaikan dengan cara pendekatan dengan kekeluargaan dan agar tercipta rasa saling percaya dan mendukung satu sama lain.
C.    VISI
Visi adalah tujuan  perusahaan dan hal yang harus dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai pada masa yang akan datang.
Visi dari usaha “G-NIT COLLECTION” adalah  “menjadi bisnis yang inovatif, bermutu tinggi dan menjadi yang terbaik diantara bisnis lainnya dengan mottoNEW INNOVATIONS TO BE FASHIONABLE
            Untuk mewujudkan visi tersebut dapat dilakukan dengan cara “memberikan layanan yang terbaik serta dengan memperluas jaringan bisnsis, menggunakan tenaga ahli profesional dengan penuh ketekunan dan janggung jawab”
D.    Tujuan usaha
Tujuan dari usaha“G-NIT COLLECTION” ini adalah:
a.       Mencari profit
Karena setiap wirausahawan besar, kecil, sukses dan atau yang baru merintis usaha, pastinya yang pertama dicari adalah keuntungan. Bentuk laba yang semakin besar akan semakin memajukan usaha dan mensejahterakan para pegawainya.
b.      Menciptakan lapangan pekerjaan
dengan berdirinya usaha“G-NIT COLLECTION” ini maka secara otomatis akan menambah lapangan pekerjaan untuk masyarakat,sehingga masyarakat  yang belum bekerja bisa memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang lebih layak.
c.       Membantu pemerintah untuk meningkatkan PAD
Dengan semakin berkembangnya usaha“G-NIT COLLECTION” maka pendapatan juga bertambah.  Pendapatan bertambah menyebabkan pajak penghasilan juga meningkat, sehingga akan meningkatkan pendapatan daerah.
E.     Jenis usaha
Usaha “G-NIT COLLECTION”  jenis usahanya adalah perdagangan,karena kegiatannya tukar menukar barang yang berdasarkan kesepakatan bersama bukan pemaksaan. Pada jaman dahulu dikenal dengan barter yaitu tukar menukar barang dengan barang. Pada jaman sekarang tukar menukar barang dengan uang,setiap barang dinilai dengan sejumlah uang.

F.     Produk yang dihasilkan
Produk dapat digolongkan menjadi dua yaitu barang dan jasa.
a.       Barang adalah benda-benda yang berwujud, yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya atau untuk menghasilkan benda lain yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat.
b.      Jasa adalah suatu barang yang tidak berwujud, tetapi dapat memberikan kepuasan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kebutuhan aksesoris perlengkapan dari benang ini menjadi kerajinan yang indah dengan berbagai model yang terupdate dan gaya jaman sekarang.
Produk yang dihasilkan G-NIT COLLECTION berupa: bros, bando, tempat hp, tempat pensil, tempat aksesoris, tempat botol, dompet tas ransel dan tas selempang.

 Atau silahkan saja download Link Ini Untuk Mendownload Proposal BAB I Diatas, Semoga Bermanfaat