Sistem Operasi Jaringan : Instalasi Software Monitoring Jaringan

Software Monitoring Jaringan
Dalam suatu jaringan komputer  kadang saat jaringan menjadi sangat lambat, kita harus mencari tahu apakah penyebab begitu lambatnya jaringan tersebut. Itulah sebabnya kita membutuhkan software monitoring jaringan, supaya lalu lintas data yang ada dalam jaringan dapat  terpantau dengan baik.
Bagi seorang administrator jaringan software monitoring jaringan merupakan suatu kebutuhan. Seorang network admin bertugas untuk memastikan jaringan di tempatnya dapat berjalan dengan baik. Namun jika masalah terjadi, network admin harus bisa mencari tahu penyebab masalah itu.


Beberapa Contoh Software Monitoring
Berikut ini adalah beberapa software monitoring yang sering digunakan oleh network admin:

1.         VNCVNC merupakan software untuk melakukan remote ke suatu komputer. Semua komputer yang akan dimonitor harus di-install software ini. Remote ini berfungsi juga untuk troubleshooting, yaitu menyelesaikan masalah yang terjadi pada komputer yang bersangkutan.

2.         NetlimiterSoftware ini ada versi freeware dan pro.. Dengan menggunakan  Netlimiter, Anda bisa memantau semua aplikasi yang sedang berjalan dalam suatu komputer. Software ini harus di-instal di semua komputer yang  akan dipantau. Salah satu kelebihan versi pro yang berbayar adalah kemampuan untuk menutup aplikasi secara remote dan  membatasi bandwidth komputer yang sedang dimonitor.

3.   PstoolsSoftware ini merupakan software gratis yang dapat digunakan untuk monitoring komputer berbasis Windows.  Ukuran filenya sangat kecil dan dalam menggunakan software ini Anda tidak perlu melakukan proses instalasi. Dengan software ini,  Anda bisa melihat detail informasi dari suatu komputer baik itu informasi pengguna, proses maupun service yang sedang berjalan. Selain itu, Anda juga bisa mematikan komputer dari jarak jauh, mematikan proses yang sedang berjalan maupun menjalankan suatu proses dari jarak jauh.

VNC adalah sebuah software remote control yang digunakan untuk melihat dan berinteraksi dengan computer lain dalam jaringan

Yang harus persiapkan sebelum menginstall VNC, yaitu:   
1.      Satu Komputer lengkap
2.      CD software VNC
Cara menginstall:


  1. Kita Extracing file.

2.Di tampilan setup wizard VNC, pilih "next" untuk memulai penginstallan.

 

 3. Kemudian di License Agreement, (pilih "I accept the agreement" )klik "Next".



4. Di Select Destination Location, pilih "Next".





5. Di Select Components, pada pilihan Custom installation ada 2 macam yaitu VNC Server dan VNC Client.

  6. Di Select Start Menu Folder, (centang > Don't create a Start Menu folder). Klik "Next".



7. Pada Select Additional Tarks, (centang/ pilih kedua pilihan tersebut). Yaitu: Register and configure VNC Server for Service Mode dan Start the VNC Server in service Mode. Klik "Next"


8.Pada kotak Ready to Install, "klik Install".



9. Pada VNC Server Propeties (Service Mode) ialah pengaturan ip jaringan yang di sambungkan/ disesuaikan dengan server, apabila ip jaringan pada computer tersebut tidak cocok. Maka computer tersebut tidak bisa dikendalikan oleh server. Pertama "Klik Add".


10. Maka akan keluar menu Specify Host IP Address Pattern." Isi ip jaringan tersebut". > Klik OK


11. Pada Information, "klik Next"


12. Klik Finish



Install Selesai. . . .