Proposal Kewirausahaan : BAB II Aspek Pemasaran


Bagi teman teman kelas xii mungkin sedang dipusingkan oleh ujian praktik kewirausahaan yang mengharuskan siswanya untuk membuat produk untuk display dan harus membuat proposalnya... nah! berikut adalah BAB II proposal kwu

BAB II
ASPEK PEMASARAN

A.    Pasar Keseluruhan
Pasar  keseluruhan  merupakan  suatu  tempat  atau  wilayah  dimana  perusahaan  membuka  usaha dan tahapan - tahapan usaha agar berkembang.

Waktu operasional Usaha G-NIT Collection dibuka setiap hari Senin - Sabtu selama 8 jam yaitu dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Untuk  prediksi kedepan, Usaha G-NIT Collection akan berkembang pesat karena desain bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan.

Untuk  rencana  pengembangan  usaha tiga bulan ke  depan, Usaha G-NIT Collection memperluas  wilayah  pemasaran di Tegal kota, Brebes, Pekalongan, untuk enam bulan kedepan harapannya dapat diluncurkan ketingkat provinsi, satu tahun kedepan harapannya ketingkat nasional.


B.     Kondisi Pasar
Beberapa faktor yang menjadi segmen dari Usaha  “G-NIT Collection” adalah sebagai berikut :
a.       Faktor demografis
Usaha G-NIT Collection memberikan pelayanan untuk semua masyarakat karena barang yang diproduksi banyak digunakan oleh kalangan pelajar dan masyarakat menengah atas maka usaha ini sasaran utamanya adalah pelajar sekolah, masyarakat umum untuk semua jenis kelamin.

b.      Faktor Geografis
Usaha G-NIT Collection memberikan pelayanan untuk seluruh lapisan masyarakat baik yang tinggal didesa , kota, pegunungan, dataran rendah, pantai maupun warga asing. karena pada pelayanannya, kami juga memperhatikan konsumen berdasarkan factor geografisnya.

c.       Faktor Ekonomi dan Sosial
Usaha G-NIT Collection memberikan pelayanannya untuk semua masyarakat, baik pegawai berpenghasilan tetap maupun pegawai berpenghasilan tidak tetap.

Akan tetapi, setiap usaha pasti ada suatu kelemahan dan kelebihan, serta peluang dan ancaman yang muncul dari pesaing lainnya. Untuk melihat dan mengetahui faktor-faktor dari pesaing kita, kita dapat menganalisisnya melalui analisis swot, antara lain yaitu :
·         Strenght (kekuatan)
Kekuatan yang dimiliki oleh usaha “G-NIT Collection” adalah produk yang dihasilkan memiliki nilai estetik dan nilai fungsional serta memilki kualitas yang tinggi.
·         Weakness (kelemahan)
Karena usaha “G-NIT Collection” ini merupakan produk kerajinan tangan, maka proses pembuatannya memakan waktu yang lama dan juga produk yang dihasilkan tidak terlalu banyak.
·         Opportunities (peluang)
Usaha produk kerajinan fashion dan aksesoris seperti ini sangat dibutuhkan dan banyak dicari oleh masyarakat sehingga kami tidak perlu khawatir produk kami tidak akan laku dipasaran.
·         Threath (ancaman)
Tersedianya bahan yang diperlukan dalam pembuatan produk yang dihasilkan oleh Usaha kami, membuat banyak pesaing yang memiliki usaha ataupun  membuat produk yang serupa. Sehingga Usaha “G-NIT Collection” harus selalu memproduksi produk kerajinan yang lebih update dan sesuai dengan trend yang berkembang dimasyarakat.

C.    Rencana Pemasaran
Untuk rencana pengembangan usaha, kami ingin memperluas wilayah pemasarannya di daerah brebes, tegal kota, dan pekalongan. Dengan cara meningkatkan promosinya melalui berbagai macam media, sebagai berikut :
a.       Personal selling/presentasi
Melakukan presentasi secara langsung di hadapan calon konsumen, bisa dengan membawa peragaan atau membawa contoh produk.

b.      Melalui pamflet
Pamflet disebarkan di tempat umum dan ditempelkan di tempat-tempat strategis terutama di tempat yang ramai dikunjungi orang, seperti alun-alun dan  taman rakyat slawi. Hal ini dilakukan supaya dapat lebih dikenal masyarakat dan untuk menarik minat pelanggan.

c.       Melalui jejaring sosial (online)
Promosi melalui jejaring  sosial (online) ini digunakan karena media sosial sudah sangat berkembang pesat dimasyarakat dan sangat mudah diakses oleh siapapun dalam kalangan luas, media online ini berupa : facebook, twitter, dan website.

d.   Melalui pameran (display)
Melalui pameran (display), Usaha “G-NIT Collection” dapat dikenal dimasyarakat dan diharapakan dapat memperoleh pelanggan yang banyak dalam satu kurun waktu tersebut dengan menggunakan pameran.

Rancangan media promosi

No.
Media
Kapan akan dipasang
Di mana akan dipasang
1
Personal selling/presentasi

30 november 2015
Dikelas xii tkj1
2
Melalui pamflet

5 januari 2016
Di seluruh kelas-kelas
3
Melalui jejaring sosial (online)

30 november 2015
Facebook, twitter, bbm, instagram
4
Melalui pameran (display)
17 februari 2016
SMK N 1 Slawi

Semoga Bermanfaat :)