Bagi teman teman kelas xii mungkin sedang dipusingkan oleh ujian praktik kewirausahaan yang mengharuskan siswanya untuk membuat produk untuk display dan harus membuat proposalnya... nah! berikut adalah BAB II proposal kwu
BAB II
ASPEK PEMASARAN
A.
Pasar
Keseluruhan
Pasar keseluruhan
merupakan suatu tempat
atau wilayah dimana
perusahaan membuka usaha dan tahapan - tahapan usaha agar
berkembang.
Waktu operasional Usaha G-NIT Collection dibuka setiap hari Senin - Sabtu selama 8
jam yaitu dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Untuk prediksi kedepan, Usaha G-NIT Collection akan berkembang pesat karena desain bisa
disesuaikan dengan keinginan pelanggan.
Untuk rencana
pengembangan usaha tiga bulan
ke depan, Usaha G-NIT Collection memperluas
wilayah pemasaran di Tegal kota,
Brebes, Pekalongan, untuk enam bulan kedepan harapannya dapat diluncurkan
ketingkat provinsi, satu tahun kedepan harapannya ketingkat nasional.
B.
Kondisi
Pasar
Beberapa faktor yang menjadi segmen
dari Usaha “G-NIT Collection” adalah sebagai berikut :
a. Faktor
demografis
Usaha
G-NIT Collection memberikan pelayanan untuk semua
masyarakat karena barang yang diproduksi banyak digunakan oleh kalangan pelajar
dan masyarakat menengah atas maka usaha ini sasaran utamanya adalah pelajar
sekolah, masyarakat umum untuk semua jenis kelamin.
b. Faktor
Geografis
Usaha
G-NIT Collection memberikan pelayanan untuk seluruh
lapisan masyarakat baik yang tinggal didesa , kota, pegunungan, dataran rendah,
pantai maupun warga asing. karena pada pelayanannya, kami juga memperhatikan
konsumen berdasarkan factor geografisnya.
c. Faktor
Ekonomi dan Sosial
Usaha
G-NIT Collection memberikan pelayanannya untuk semua
masyarakat, baik pegawai berpenghasilan tetap maupun pegawai berpenghasilan
tidak tetap.
Akan tetapi, setiap
usaha pasti ada suatu kelemahan dan kelebihan, serta peluang dan ancaman yang
muncul dari pesaing lainnya. Untuk melihat dan mengetahui faktor-faktor dari
pesaing kita, kita dapat menganalisisnya melalui analisis swot, antara lain
yaitu :
·
Strenght
(kekuatan)
Kekuatan yang
dimiliki oleh usaha “G-NIT Collection” adalah produk yang dihasilkan
memiliki nilai estetik dan nilai fungsional serta memilki kualitas yang tinggi.
·
Weakness
(kelemahan)
Karena usaha “G-NIT Collection” ini merupakan produk kerajinan tangan, maka
proses pembuatannya memakan waktu yang lama dan juga produk yang dihasilkan
tidak terlalu banyak.
·
Opportunities
(peluang)
Usaha produk
kerajinan fashion dan aksesoris seperti ini sangat dibutuhkan dan banyak dicari
oleh masyarakat sehingga kami tidak perlu khawatir produk kami tidak akan laku
dipasaran.
·
Threath
(ancaman)
Tersedianya bahan yang
diperlukan dalam pembuatan produk yang dihasilkan oleh Usaha kami, membuat
banyak pesaing yang memiliki usaha ataupun
membuat produk yang serupa. Sehingga Usaha “G-NIT Collection” harus selalu memproduksi produk kerajinan yang
lebih update dan sesuai dengan trend yang berkembang dimasyarakat.
C.
Rencana
Pemasaran
Untuk rencana
pengembangan usaha, kami ingin memperluas wilayah pemasarannya di daerah
brebes, tegal kota, dan pekalongan. Dengan cara meningkatkan promosinya melalui
berbagai macam media, sebagai berikut :
a.
Personal selling/presentasi
Melakukan
presentasi secara langsung di hadapan calon konsumen, bisa dengan membawa
peragaan atau membawa contoh produk.
b.
Melalui pamflet
Pamflet
disebarkan di tempat umum dan ditempelkan di tempat-tempat strategis terutama
di tempat yang ramai dikunjungi orang, seperti alun-alun dan taman rakyat slawi. Hal ini dilakukan supaya
dapat lebih dikenal masyarakat dan untuk menarik minat pelanggan.
c.
Melalui jejaring sosial
(online)
Promosi melalui
jejaring sosial (online) ini digunakan
karena media sosial sudah sangat berkembang pesat dimasyarakat dan sangat mudah
diakses oleh siapapun dalam kalangan luas, media online ini berupa : facebook,
twitter, dan website.
d. Melalui
pameran (display)
Melalui pameran
(display), Usaha “G-NIT Collection”
dapat dikenal dimasyarakat dan diharapakan dapat memperoleh pelanggan yang
banyak dalam satu kurun waktu tersebut dengan menggunakan pameran.
Rancangan media promosi
No.
|
Media
|
Kapan akan dipasang
|
Di mana akan dipasang
|
1
|
Personal
selling/presentasi
|
30
november 2015
|
Dikelas
xii tkj1
|
2
|
Melalui
pamflet
|
5
januari 2016
|
Di
seluruh kelas-kelas
|
3
|
Melalui
jejaring sosial (online)
|
30
november 2015
|
Facebook,
twitter, bbm, instagram
|
4
|
Melalui
pameran (display)
|
17
februari 2016
|
SMK
N 1 Slawi
|
Semoga Bermanfaat :)
Lihat Juga :